Kamis, 02 Agustus 2012

KASUS T-ARA


Biasanya aku tidak memposting Grup Boyband atau Girlband kecuali mereka akan main drama. Tapi sekarang aku tertarik untuk memposting Kasus ini dengan kacamata objektif yang tidak memihak pada Hwayoung maupun T-ara sendiri.

Pertama kasus ini mulai menyebar adalah ketika beberapa member T-ara mentweet kalimat sindiran yang menyindir member yang tidak fokus dalam sebuah acara. kemudian masalah semakin memanas dengan isu adanya pembullyan terhadap Hwayoung yang dilakukan oleh para member T-ara lainya 
Dampaknya adalah dikeluarkannya Hwayoung dari T-ara sehingga mengakibatkan banyak orang yang melawan anggota T-ara habis-habisan. T-ara telah kehilangan fans, mereka terpaksa membatalkan konser, fancafe telah ditutup, adanya petisi untuk membubarkan T-ara dan menuntut kebenaran dibalik skandal itu diungkap, Netizens telah menyerukan untuk menghapus anggota T-ara dalam acara televisi baik drama, iklan  maupun reality show dan masih banyak lagi.
Dalam waktu seminggu T-ara yang semula girlband yang dicintai di industri K-Pop menjadi Girlband yang paling dibenci dan dicaci maki. Tapi apapun yang terjadi kenapa anggota T-ara yang menerima semua cacian dan makian bukan CEO Kontrovesial mereka Mr. Kim Kwang Soo

Anti T-ara meningkat setelah laporan bullying terbit dimedia, dimana sebenarnya itu laporan cuplikan-cuplikan dari reality show kemudian disalah artikan menjadi tidak baik dan benar-benar palsu. situasi tambah buruk ketika adanya posting anonim/palsu di forum web yang dilaporkan sebagai fakta, dan semuanya telah begitu putus asa untuk sebuah jawaban sehingga mereka tidak bisa membedakan fiksi dan kenyataan. Contohnya adalah sebuah foto Hyomin yang mengangkat lengannya kepada Hwayoung di ubah oleh para Netizen menjadi "Hyomin memukul Hwayoung di mata!", screencaps dari Hwayoung yang membuka mulutnya untuk memakan kue beras yang disuapkan oleh Eunjung dibuat seolah-olah Eunjung memaksa Hwayoung untuk memakan kue itu sampai tersedak padahal di Jepang ada permainan dimana orang yang gagal akan kena hukuman dengan memakan sesuatu misalnya permen atau kue. Kemudian ketika sebuah foto ketika Hwayoung terlihat mengobrol dengan anggota INFINITE dan SISTAR disebuah acara entah kenapa berubah menjadi Hwayoung harus duduk dengan mereka karena member T-ara tidak mau berbicara padanya.
Sebelumnya tidak ada spekulasi Hwayoung telah diintimidasi, namun sekarang hanya dibutuhkan sebuah foto dimana ia bersama selain anggota T-ara menjadi bukti dia dikucilkan kelompoknya, Ironis sekali. 
Bahkan ada laporan dari sesorang yang mengaku sebagai penari latar T-ara (Yama & Hot Chicks) dimana Jiyeon menampar wajah Hwayoung ketika latihan menyebar begitu dasyat, walaupun pemimpin dari tari tersebut mengkonfirmasi bahwa laporan itu palsu tapi sudah terlambat dan membuat Jiyeon sebagai penyihir dan mak lampir karena begitu jahatnya Kita sekarang hidup di jaman modern bukan di jaman purbakala dimana sebuah foto sekarang ini bisa direkayasa dan video bisa diedit sehingga membuat cerita bahwa anggota T-ara adalah sebuah paket pengganggu yang jahat dan mempunyai sikap jang jelek.


Satu-satunya hal yang tampaknya agak akurat dalam semua drama ini adalah bahwa ada sebuah insiden di Music Bank pekan lalu di mana Hwayoung marah untuk alasan yang belum-diketahui, dan menolak untuk pergi ke panggung  . Hal ini menyebabkan anggota lain untuk harus menutup untuknya pada menit terakhir, dan mengakibatkan kesalahan yang dibuat selama pertunjukan. Beberapa T-ara kemudian tweeted ** kekecewaan mereka atas situasi, yang menyebabkan mereka dicap sebagai pengganggu. Music Bank tidak mengkonfirmasi bahwa T-ara yang pengganggu, juga tidak mengkonfirmasi bahwa Hwayoung bermasalah. Semua itu menegaskan bahwa Hwayoung menolak untuk tampil di Music Bank hari itu-yang mungkin atau tidak mungkin untuk suatu alasan

Apakah ada yang ingat apa yang terjadi dengan Sugababes girlband terkenal dari Inggris  pada tahun 2009  Keisha Buchanan dikeluarkan dari grup karena di klaim pengganggu, namun para penggemar dan publik masih memihak dan menyalahkan anggota lain, Amelle Berrabah, untuk seluruh hal. Orang-orang meragukan mentalitas lynch  sehingga mirip dengan  T-ara saat ini, dan akhirnya serangan mereka terhadap Amelle yang begitu kejam mengakibatkan Amelle memiliki gangguan saraf dan harus menghabiskan tiga minggu pemulihan di fasilitas perawatan. Laporan bahwa Keisha telah pengganggu tidak pernah dikonfirmasi, para fans akhirnya tenang dan bisa mengatasinya, dan kehidupan berjalan seperti biasa. Jika setiap orang hanya telah bersikap lebih rasional dan tidak melompat ke kesimpulan, maka kerusakan Amelle itu bisa dihindari sama sekali.

Sementara semua orang sibuk menyalahkan T-ara untuk keluarnya Hwayoung, beberapa tampaknya akan melihat ke arah Kim Kwang Soo, yang mungkin sangat baik menjadi lebih bertanggung jawab untuk seluruh cobaan berat daripada orang lain yang terlibat.

Pada artikel allkpop pada bulan April lalu-T-ara akan merubah anggotanya, saya menyatakan keprihatinan  atas cara Kim Kwang Soo yang mengelola kelompok. Saya mengatakan bahwa ia menciptakan lingkungan yang tidak sehat untuk kelompok dengan mendorong mereka untuk bersaing satu sama lain dan dengan mengancam untuk memecat atau mengganti anggota yang tidak mematuhi. Sekarang ia membuat membuktikan ancamannya itu T-ara yang disalahkan.
Dalam artikel yang sama, saya juga mengambil melihat bagaimana  Kim Kwang Soo telah membuat T-ara bekerja tanpa adanya hari libur. Singkatnya, kelompok ini tidak berlibur sejak debut mereka tahun 2009 dan belum menerima hari libur dalam satu tahun akibatnya Jiyeon roboh di atas panggung karena kelelahan, dan terkadang kelompok yang beban kerja sangat berat sehingga mereka memiliki 12 jadwal dalam satu hari.
Sekarang membayangkan jenis stres yang akan dibawa pada anggota T-ara, dan kemudian ingat Hwayoung itu bukan bagian dari jajaran T-ara asli. Dia ditambahkan ke grup pada tahun 2010. Jadi Hwayoung telah ditambahkan ke dalam kelompok yang sudah sukses, kelompok yang telah bersama selama bertahun-tahun jika Anda termasuk hari peserta pelatihan mereka, kelompok yang sedang sangat terlalu banyak bekerja di lingkungan yang tinggi stres, dan kelompok yang didorong oleh CEO mereka untuk bersaing satu sama lain.
Jika salah satu klaim tidak berdasar intimidasi adalah benar, atau bahkan jika Hwayoung hanyalah sekedar 'terbuang' di T-ara, tidak sulit untuk melihat mengapa.

Jika Anda perlu bukti lagi bahwa Kim Kwang Soo bukan CEO terbaik di planet ini, maka lihatlah  Nam Gyuri mantan anggota CCM  SeeYa, sebelum dia pergi pada tahun 2009 karena alasan keuangan dan untuk mengejar karir akting. Yang terjadi selanjutnya adalah perang kata-kata di mana Kim Kwang Soo mengungkapkan informasi tentang skandal Gyuri kepada pers dan menyatakan bahwa dia tidak kooperatif. Para anggota SeeYa mengadakan konferensi pers dan mencap Gyuri seorang diva egois, dan Gyuri membantah tuduhan itu dan menyatakan bahwa itu hanyalah untuk menjatuhkan dia. 

CEO adalah seperti guru atau orang tua dari kelompok. CEO memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sehat untuk kelompok, baik di rumah, di asrama dan di tempat kerja, dan untuk memastikan bahwa setiap masalah kecil diurus dengan cara yang tepat sehingga dinamika kelompok dapat tetap positif dan profesional. Kim Kwang Soo tampaknya telah melakukan kebalikan dari itu, dan jika ada ketidakharmonisan benar di T-ara, dialah yang harus bertanggung jawab sebelum Hwayoung dan T-ara.

Sebagai penikmat lagu-lagu mereka akan sayang sekali apabila kelompok ini dibubarkan. Dan sebagai netizen yang baik kita harus menunggu konfirmasi dari T-ara yang sebenarnya, dan apabila terbukti mereka menganiaya Hwayoung kita sama-sama berdo'a semoga mereka sadar dan menjadi lebih baik lagi.


Souce: Allkpop

Tidak ada komentar: